GEMASTIK
Narasumber : Kak Ristiawan Kautsar
Gemastik adalah Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam memajukan TIK. Gemastik dilaksanakan secara berkesinambungan di bawah Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) DIKTI. Kegiatan ini merupakan media penyaluran kreativitas mahasiswa dalam pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di tingkat nasional.
Kategori Gemastik ada 10, yaitu:
1) Pemrograman = Menguji kemampuan dasar dan nalar peserta dalam menyelesaikan program komputer untuk memecahkan permasalahan yang diberikan.
- Nilai berdasarkan kecepatan dan ketetapan.
- 3-5 jam peserta harus menyusun dan mengumpulakannya.
- Selain kecepatan, juga dituntut menemukan algoritma yang tepat dan efisien.
2) Pengembangan Perangkat Lunak = Menguji kemampuan peserta dalam mengembangkan idea secara kreatif.
- Idea kreatif dalam bentuk perangkat lunak --> solusi penyelesaian masalah
- Mampu memberikan dampak terhadap masyarakat.
- Harus dibentukkan dalam bentuk data / dibuktikan secara fakta.
- Produk harus bisa diaplikasikan.
3) Data Mining = Merupakan suatu algoritma mutakir data mining yang semakin banyak menarik perhatian. Keunggulannya adalah kemampuan untuk melatih jutaan yang tersusun secara hiraksis multi lapis.
4) Keamanan Jaringan dan Sistem Informasi = Menghadapi kasus keamanan sistem komputer dan jaringan yang telah disiapkan.
5) Animasi = Visualisasi 2D/3D yang mengandung unsur kreativitas dan motivasi pemuda.
- Karya berbentuk film pendek.
6) Piranti Cerdas dan Embedded System = Adalah sebuah hasil karya teknologi yang bekerja secara interaktif dan otomatis serta mampu memberikan suatu solusi bagi permasalahan sehari-hari.
7) Desain User Experience = Lomba desain produk yang berorientasi kepada kenyamanan dan kemudahan pengguna.
- Kebanyakan membuatnya menggunakan web.
8) Pengembangan Bisnis TIK = Kompetisi pengembangan model bisnis dengan produk TIK.
- Menyelesaikan pengembangan bisnis dalam bentuk ringkasan eksekutif, kepada bisnis plan, dan kompetisi produk disertai dengan proyeksi bisnisnya.
9) Pengembangan Aplikasi Permainan = Kreasi dan inovasi pengembangan aplikasi prmainan.
- Untuk memenuhi tujuan yang dicapai, memperlihatkan sisi pendidikan mempunyai dampak dan manfaat, sekaligus ada unsur meghiburnya dari permainan tersebut.
10) e-Goverment = Pemnfaatan TIK berbasis internet oleh pemerintahan dalam memberikan informasi dan layanan kepada masyarakat.
Gemastik adalah Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam memajukan TIK. Gemastik dilaksanakan secara berkesinambungan di bawah Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) DIKTI. Kegiatan ini merupakan media penyaluran kreativitas mahasiswa dalam pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di tingkat nasional.
Kategori Gemastik ada 10, yaitu:
1) Pemrograman = Menguji kemampuan dasar dan nalar peserta dalam menyelesaikan program komputer untuk memecahkan permasalahan yang diberikan.
- Nilai berdasarkan kecepatan dan ketetapan.
- 3-5 jam peserta harus menyusun dan mengumpulakannya.
- Selain kecepatan, juga dituntut menemukan algoritma yang tepat dan efisien.
2) Pengembangan Perangkat Lunak = Menguji kemampuan peserta dalam mengembangkan idea secara kreatif.
- Idea kreatif dalam bentuk perangkat lunak --> solusi penyelesaian masalah
- Mampu memberikan dampak terhadap masyarakat.
- Harus dibentukkan dalam bentuk data / dibuktikan secara fakta.
- Produk harus bisa diaplikasikan.
3) Data Mining = Merupakan suatu algoritma mutakir data mining yang semakin banyak menarik perhatian. Keunggulannya adalah kemampuan untuk melatih jutaan yang tersusun secara hiraksis multi lapis.
4) Keamanan Jaringan dan Sistem Informasi = Menghadapi kasus keamanan sistem komputer dan jaringan yang telah disiapkan.
5) Animasi = Visualisasi 2D/3D yang mengandung unsur kreativitas dan motivasi pemuda.
- Karya berbentuk film pendek.
6) Piranti Cerdas dan Embedded System = Adalah sebuah hasil karya teknologi yang bekerja secara interaktif dan otomatis serta mampu memberikan suatu solusi bagi permasalahan sehari-hari.
7) Desain User Experience = Lomba desain produk yang berorientasi kepada kenyamanan dan kemudahan pengguna.
- Kebanyakan membuatnya menggunakan web.
8) Pengembangan Bisnis TIK = Kompetisi pengembangan model bisnis dengan produk TIK.
- Menyelesaikan pengembangan bisnis dalam bentuk ringkasan eksekutif, kepada bisnis plan, dan kompetisi produk disertai dengan proyeksi bisnisnya.
9) Pengembangan Aplikasi Permainan = Kreasi dan inovasi pengembangan aplikasi prmainan.
- Untuk memenuhi tujuan yang dicapai, memperlihatkan sisi pendidikan mempunyai dampak dan manfaat, sekaligus ada unsur meghiburnya dari permainan tersebut.
10) e-Goverment = Pemnfaatan TIK berbasis internet oleh pemerintahan dalam memberikan informasi dan layanan kepada masyarakat.
Nama : Dian Novita Yohanes
NIM : 16051204039
Prodi : S1- Teknik Informatika
Prodi : S1- Teknik Informatika
0 komentar: