ETIKA BERKOMUNIKASI
Etika Komunikasi terdiri dari 2 kata yaitu ETIKA dan KOMUNIKASI.
- Etika adalah tingkah laku sebagai standart yang mengatur pergaulan manusia dalam kelompok sosial.
- Komunikasi merupakan bagian penting di dalam hidup yang mempengaruhi orang lain untuk memperoleh apa yang kita inginkan.
Fungsi dari KOMUNIKASI : - mencapai pengertian 1 sama lain.
- membina kepercayaan.
- merencanakan strategi.
- membagi pekerjaan.
- berbagi rasa.
Sebelum masuk dalam etika-etika komunikasi, ada perlunya kita tahu bahwa komunikasi terbagi atas dua jenis, verbal dan non verbal. Komunikasi verbal adalah jenis komunikasi yang terucap atau langsung dalam menyampaikan maksud dan tujuan dari komunikasi, contohnya ketika kita berbicara langsung pada lawan bicara kita untuk mengutarakan suatu pesan. Sedangkan komunikasi non verbal merupakan komunikasi tersirat yang dengan tidak langsung menunjang penyampaian maksud atau tujuan berkomunikasi, contohnya pandangan mata, cara berpakaian, dan ekspresi.
Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang terjalin antara pihak satu dan pihak lainnya memberikan timbal balik atau feedback. Feedback yang diberikan tentu saja merupakan respon dari suatu maksud yang telah tersampaikan. Dalam berkomunikasi, etika tentu sangat diperlukan untuk menghindari terjadinya salah paham. Contoh etika berkomunikasi antara lain:
- Menggunakan pilihan kata yang tidak terlalu berbelit dan mudah dimengerti
- Menunjukkan ekspresi ramah dan menarik bagi lawan bicara
- Menggunakan intonasi yang tidak membuat lawan bicara merasa terganggu
- Memberikan tatapan mata ramah
- Menggunakan pakaian yang sopan
- Menunjukkan senyum ramah dan bersahabat.
Terbentuknya etika-etika berkomunikasi tersebut tentu saja menguntungkan kedua belah pihak yang sedang melakukan komunikasi. Bayangkan saja bagaimana jika masing-masing orang tidak menerapkan etika dalam berkomunikasi.
Banyak keuntungan yang dapat kita rasakan saat kita mulai menerapkan etika dalam berkomunikasi salah satunya adalah tersampaikannya maksud dari komunikasi itu sendiri. Adakalanya maksud-maksud dari komunikasi itu sendiri meliputi bidang-bidang:
- Bisnis
- Politik
- Perusahaan/organisasi
- Kehidupan sehari-hari
- Pelayanan publik
Dalam penyampaian maksud dari masing-masing bidang tersebut tentu saja berbeda. Seperti contoh ketika kita berkomunikasi untuk bidang Bisnis, komunikasi kita harus bersifat persuasive atau membujuk. Sedangkan dalam bidang Politik, komunikasi kita lebih ke bersifat mempengaruhi, dan contoh lainnya
DIAN NOVITA YOHANES
16051204039
TEKNIK INFORMATIKA
0 komentar: